cover
Contact Name
Baihaqi Siddik Lubis
Contact Email
baihaqisiddik@umsu.ac.id
Phone
+6281375727705
Journal Mail Official
ejoes@umsu.ac.id
Editorial Address
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II, Medan Sumatera Utara-20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
EJoES (Educational Journal of Elementary School)
ISSN : -     EISSN : 27454045     DOI : 10.30596
Core Subject : Education, Social,
EJoES (Educational Journal of Elementary School) is an electronic journal that publishes original research papers, review articles by invited experts, and novel technology news related to Elementary School. EJoES has served researchers, teacher educators, and practitioners in the elementary since 2020. EJoEs will be published three times annually, February, June and October (3 issues/year). EJoES publishes peer-reviewed articles that pertain to both education theory and research and their implications for teaching practice. In addition, EJoES presents articles that relate the latest research in the development of curriculum, teaching innovation, child development, cognitive psychology, teaching evaluation, and educational policy.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 3 (2021): Educational Journal of Elementary School (EJoES)" : 5 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PK Fo’arota Gulo
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 2, No 3 (2021): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v2i3.8677

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Picture And Picture dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Picture And Picture dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V-B SDN 077785 Tuhembuasi dengan jumlah siswa 15 orang, laki-laki 6 orang dan perempuan 9 orang. Adapun hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pelajaran PKnmeningkat dengan penerapan model pembelajaran Picture And Picture,pada akhir siklus rata-rata hasil belajar siswa 82 dengan persentase ketuntasan 89% dan rata – rata hasil refleksi pelaksanaan proses pembelajaran diakhir siklus mencapai 86,32 % . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKndi kelas V-B SDN 077785 Tuhembuasi meningkat dengan penerapan model pembelajaran Picture And Picture dan Proses pembelajaran PKndi kelas V-B SDN 077785 Tuhembuasi dapat diperbaiki dengan penerapan model pembelajaran Picture And Picture
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR Haris Suwondo; Akhirawati Akhirawati
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 2, No 3 (2021): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v2i3.9310

Abstract

Seorang pendidik harus memiliki pemahan tentang bagaimana peserta didik bisa dengan mudah menyerap materi yang diajarkan. Pemahan seperti itu lumrah dimiliki oleh seorang pengajar lantaran soerang guru adalah sorang yang memang sudah dibekali ilmu dalam mendidik, namun tak hanya sampai disitu tugas seorang guru juga memastikan para peserta didiknya dapat menerima pelajaran dan pelajaran tersebut dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Karena muara dari pendidikan itu sendiri adalah kembali kepada masyarakat. Sehingga ilmu yang didapat ketika mengenyam pendidikan disekolah bisa bermanfaat ditengah-tengah masyarakat. Oleh sebab itu peneliti mencoba menggunakan Model pembelajaran kooperatif dalam penelitian ini, yang mana pembelajaran ini  memiliki pengertian yang luas, yaitu keseluruhan proses sosial dalam belajar dan mencakup pula pengertian kolaboratif. Peserta didik diletakkan pada konteks sosiohistoris. Keterlibatan dengan orang lain membuka kesempat bagi mereka mengevaluasi dan memperbaiki pemahaman. Dengan cara ini , pengalaman dalam konteks social memberikan mekanisme penting untuk perkembangan pemikiran peserta didik.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAK KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN PKn Rudiman Heraha
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 2, No 3 (2021): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v2i3.8678

Abstract

Tujuan penelitian: (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran PKn dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. (2) Mendeskripsikan rata-rata hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. (3) Membuktikan secara signifikan kualitas proses pembelajaran baik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (4) Membuktikan secara signifikan rata-rata hasil belajar baik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 075047 Bakaru dengan subjek penelitian siswa kelas VI-B yang berjumlah 21 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAK KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN PKn Sadarniwati Harefa
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 2, No 3 (2021): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v2i3.8679

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah :1) Mendeskripsikan proses pembelajaran dengan penerapan metode diskusi kelompok   pada materi pokok  daur hidup hewandalam mata pelajaran  PKn di kelas V-B SDN 070974 Gunungsitoli. 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode diskusi kelompok  pada mata pelajaran PKn di kelas SDN 070974 Gunungsitoli. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 070974 Gunungsitoli dengan subjek penelitian siswa kelas V-B yang berjumlah 27 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian yang digunakan adalah (1) lembar observasi untuk siswa yang tidak aktif dalam proses pembelajaran (2) lembar observasi untuk siswa yang aktif dalam proses pembelajaran (3) lembar observasi dalam proses pembelajaran responden guru. (4) Tes hasil belajar, (5) Foto dokumentasi Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa: (1) Proses pembelajaran dengan penerapan metode diskusi kelompok di kelas V-B SDN 070974 Gunungsitoli  pada mata pelajara PKn terperbaiki rata-rata hasil refleksi pada akhir siklus mencapai 84% .(2) Hasil belajar siswa meningkat dengan penerapan metode diskusi kelompok di kelas V-B SDN 070974 Gunungsitoli pada mata pelajara PKn pada akhir siklus rata-rata hasil belajar siswa mencapai 80 dengan persentase ketuntasan 81%
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKn MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK Yurisman Zamasi
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 2, No 3 (2021): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v2i3.8681

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Talking Stick dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Talking Stick dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V-B SDN 071062 Umbuhumene dengan jumlah siswa 25 orang, laki-laki 15 orang dan perempuan 10 orang. Adapun hasil dari penelitian ini adalah hasil  belajar siswa pada pelajaran PKn meningkat dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick, pada akhir siklus rata-rata hasil belajar siswa 83,76 dengan persentase ketuntasan 92% dan  rata – rata hasil refleksi pelaksanaan proses pembelajaran diakhir siklus mencapai 86,21 % . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelasV-B SDN 071062 Umbuhumene meningkat dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick dan Proses pembelajaran PKn di kelas V-B SDN 071062 Umbuhumene terperbaiki dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick

Page 1 of 1 | Total Record : 5